Apa Perbedaan Layar LED dan Layar LCD pada Laptop

Tuesday 26th August 2014

Perbedaan LCD dan LED
 
LCD:
 
Teknologi Liquid Crystal Display (LCD): Dinyalakan menggunakan tabung CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp). Ketika dinyalakan, tabung fluorescent tersebut membentuk uap merkuri (air raksa) bertekanan rendah. Meskipun rendah, LCD masih kurang ramah lingkungan karena kandungan merkuri (Hg) ini
 
Layar LCD ini tipis dan lebih hemat energi jika dibandingkan dengan layar CRT/Cembung, sehingga efisien dalam penggunaannya.
Teknologi LCD telah banyak dipakai pada TV, ponsel, dan juga monitor komputer ataupun laptop. Namun sesungguhnya LCD tidaklah menyajikan image dengan kualitas terbaik.
 
Listrik: Konsumsi daya lebih tinggi daripada LED (+- 22 Watt bervariasi, tergantung size layar)
 
Tampilan gambar: kurang terang/tajam dibanding LED
 
Umur Layar: LCD berumur kurang lebih 60.000 jam (11 tahun, jika dipakai rata-rata 15 jam/hari)
 
 
LED:
 
Teknologi LED (light-emitting diode): Menggunakan dioda pemancar cahaya.
 
LED (Light Emitting Diode) merupakan teknologi yang lebih baru, lebih hemat energi dan lebih jernih. Juga merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya.
Produk temuan lain setelah dioda. Strukturnya juga sama dengan dioda, tetapi belakangan ditemukan bahwa elektron yang menerjang sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya.
LED dibuat agar lebih efisien jika mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semikonduktor, doping yang pakai adalah galium, arsenic dan phosporus. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula. Pada saat ini warna-warna cahaya yang banyak adalah warna merah, kuning dan hijau. Cahaya diode berwarna biru sangat langka.
 
Listrik: Konsumsi daya lebih rendah daripada LCD (+- 8 Watt bervariasi, tergantung size layar)
 
Tampilan gambar: Lebih terang/tajam dibanding LCD (Dinamic Contrast Ratio LED jauh lebih besar dibandi LCD)
 
Umur Layar: sedangkan Layar LED berumur kurang lebih 100.000 jam (18 tahun, jika dipakai rata-rata 15 jam/hari).
 
Kesimpulan:
Teknologi LED jauh lebih unggul dibandingkan LCD antara lain bentuknya lebih tipis sehingga lebih hemat tempat, jauh lebih irit konsumsi listriknya, tingkat ketajamannya lebih tinggi, bahan pembuatnya lebih ramah lingkungan, dan lebih awet.
Dari segi CONTRAST RATIO, kedua produk ini memiliki perbedaan. Rasio kontras ini adalah jarak warna Hitam ke Putih. semakin jauh semakin nyata gambarnya.
Dalam hal kualitas gambar, LED lebih terang dan realistis warnanya dibanding LCD.
 
PowerLink-Tech | UNITED COM PARTS merupakan PUSAT DISTRIBUTOR GROSIR yang menjual semua jenis LCD dan LED untuk semua jenis dan tipe laptop/notebook.